alexametrics

Arus Balik Lancar, One Way Berlaku dari Tol Palimanan Hingga Jakarta

19 Juni 2018, 21:44:59 WIB

JawaPos.com – Sistem one way atau satu arah tengah diterapkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di tol Palimanan hingga Cawang menuju Jakarta. Hal itu sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan arus balik  mudik 2018.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, sejauh ini pemberlakukan sistem satu arah diklaim sukses. Sebab sepanjang ruas tol Palimanan – Cawang tidak didapati kemacetan kendaraan.

“Ta betul sistem ini terbukti cukup berhasil mengurai kepadatan,” ujar Royke kepada JawaPos.com, Selasa malam (19/6).

Meski demikian volume kendaraan hingga malam ini terbilang masih ramai. Oleh sebab itu Korlantas masih belum dapat memperkirakan kapan sistem satu arah ini akan berakhir.

“(Sistem one way akan selesai) sampai kendaraan dari Jawa Tengah menuju Jakarta betul-betul terurai,” imbuh Royke.

Sementara itu, situasi serupa juga terjadi di jalur arteri Pantai Utara (Pantura). Meski menjadi jalur peralihan kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah, situasi saat ini terpantau normal. Tak ada kemacetan berarti.

“Jalur arteri atau Pantura normal aja,” pungkas Royke.

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin mengatakan, pihaknya telah kembali menerapkan sistem one way di tol Palimanan hingga Cawang. Upaya itu dilakukan berkat susksesnya penerapan sistem tersebut mengurai kemacetan pada malam sebelumnya.

“Iya betul (ada one way dari Palimanan-Cawang),” ujar Benyamin kepada JawaPos.com, Selasa (19/6).

Sistem satu arah ini sendiri, dimulai sekitar pukul 15:30. Sedangkan arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dialihkan menuju jalan arteri Kalimalang menuju Bekasi hingga masuk ke jalur Pantura.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (sat/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Arus Balik Lancar, One Way Berlaku dari Tol Palimanan Hingga Jakarta