alexametrics

Gunakan Vaksin Sinopharm, 10 Juta Pekerja Segera Divaksin

19 Mei 2021, 11:13:57 WIB

JawaPos.com – Program vaksinasi gotong royong dimulai kemarin (18/5) dengan menggunakan vaksin Covid-19 Sinopharm. Jenis itu berbeda dengan yang digunakan dalam program vaksinasi massal pemerintah. Vaksin dari Sinopharm telah dimasukkan dalam emergency use listing (EUL) oleh WHO.

Presiden Joko Widodo kemarin meninjau pelaksanaan perdana program yang ditujukan untuk karyawan perusahaan tersebut. Vaksinasi diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi pekerja dan mendongkrak perekonomian. ’’Pagi hari ini (kemarin, Red) saya mengunjungi PT Unilever yang bersama-sama dengan 18 perusahaan telah memulai vaksinasi gotong royong,’’ kata Jokowi.

Vaksin tersebut diberikan perusahaan kepada manajemen dan karyawan secara gratis. Presiden berharap, penyuntikan vaksin melalui skema gotong royong antara pemerintah dan sektor swasta itu dapat mempercepat jalannya vaksinasi Covid-19. Dengan begitu, dapat membantu target mengejar pertumbuhan ekonomi.

Jokowi juga meminta agar vaksin Covid-19 terus tersedia sehingga dapat mempercepat program vaksinasi. Targetnya, 181,5 juta orang di Indonesia bisa divaksin Covid-19.

Kementerian Kesehatan sebelumnya mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 terkait Vaksin Gotong Royong. Tarif vaksin tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021. Harga tertinggi Rp 321.660 dengan tarif maksimal pelayanan vaksinasi Rp 117.910 untuk setiap dosis. Vaksin itu diberikan kepada pekerja, keluarga, dan individu terkait. Penerima vaksin tidak dibebani biaya apa pun karena ditanggung perusahaan.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan bahwa program itu merupakan langkah terbaik untuk menjaga keseimbangan penanganan di sisi kesehatan dan menggerakkan perekonomian bangsa.’’Hari ini kita memulai bersama antara pemerintah dan pihak swasta untuk memutus mata rantai Covid-19,’’ ungkapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/lum/lyn/agf/c6/c14/fal

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads