alexametrics

Pasien Korona Bertambah, Wisma Atlet Kemayoran Disiapkan untuk Isolasi

19 Maret 2020, 11:00:24 WIB

JawaPos.com – Semenjak diumumkan Presiden Jokowi pada 2 Maret 2020 lalu, tren jumlah pasien positif terpapar covid-19 terus meningkat. Mengantisipasi lonjakan lebih tinggi lagi, pemerintah menyiapkan ruang isolasi lebih besar. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, dipersiapkan sebagai ruang isolasi.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan,‎ pemerintah telah menyiapkan 1.800 tempat tidur di Wisma Atlet Kemayoran. Wisma tersebut disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien virus korona. Sementara kapasitas rumah sakit tidak memadai menampung pasien terinfeksi virus yang berasal dari Tiongkok itu.

“Pemerintah sudah menyiapkan Wisma Atlet untuk mereka yang memang tidak bisa dirawat di rumah. Sementara ini disiapkan untuk 1.800 tempat tidur,” ujar Ma’ruf Amin, Kamis (19/3).

Ma’ruf mengatakan, saat ini jumlah pasien terus saja bertambah. Untuk itu ada alternatif bangsal pengganti di rumah sakit sangatlah tepat. Ma’ruf Amin khawatir jumlah pasien terjangkiti korona semakin bertambah.

“Pemerintah sebenarnya sudah langsung melakukan langkah-langkah, termasuk membentuk satuan tugas untuk mempercepat proses penanganannya,” katanya.

Saat ini, imbuh Ma’ruf, pemerintah sudah menyiapkan banyak rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua rumah sakit itu berstandar Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO.

“Pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit yang dilengkapi dengan kamar isolasi dan peralatan sesuai dengan standar WHO,” ungkapnya.

Diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto menyebut, saat ini 227 rumah sakit milik pemerintah telah siap menerima pelayanan dan perawatan kesehatan bagi masyarakat. Rumah sakit tersebut terbagi atas 109 milik TNI, 53 milik Polri dan 65 rumah sakit BUMN.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads