alexametrics

Sidang Putusan Sela, Ratna Sarumpaet: Insya Allah Dikasih Keadilan

19 Maret 2019, 09:54:51 WIB

JawaPos.com – Terdakwa kasus hoax penganiayaan, Ratna Sarumpaet kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Selasa (19/3). Ia akan mendengar pembacaan putusan sela oleh majelis hakim terkait eksepsi atau nota pembelaan yang diajukannya di dua persidangan sebelumnya.

Hadir sekitar pukul 08.00 WIB, Ratna berharap agar majelis hakim menghentikan kasusnya seperti yang tertuang dalam nota keberatannya itu. “Ya nggak apa-apa, berharap aja yang terbaik,” ujar Ratna, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/3).

Ia yakin keadilan akan menghampirinya. “Ya optimis lah bismillah, Insya Allah dikasih keadilan,” sebut ibunda Atiqah Hasiholan itu.

Sebab ia yakin tidak menyebarkan berita bohong yang berujung kepada keonaran seperti yang dituduhkan Jaksa Penuntut Umum. “Ya karena saya mengerti persoalannya. Kalau sesuai yang saya pahami walaupun saya awam memang saya nggak melakukan apa yang dituduhkan,” sambungnya.

Di sisi lain, Ratna sendiri mengaku akan mengajukan kembali penangguhan penahanan kepada majelis hakim. “Insya Allah tapi ngga hari ini,” ujarnya seraya masuk ke ruang sidang

Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoax, Jumat, 5 Oktober 2018. Aktivis perempuan itu sempat menggegerkan publik karena mengaku diamuk sejumlah orang.

Cerita bohongnya itu lantas dibongkar polisi. Lebam di wajah Ratna bukan akibat dipukul, melainkan akibat operasi sedot lemak di RSK Bina Estetika.

Kemudian, Jaksa Penuntu Umum mendakwa Ratna dengan dakwaan tunggal. Dia didakwa melanggar Pasal 14 ayat (1) UU No. 1 Thn 1946 ttg Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Thn 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Thn 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui berita bohong yang dibuatnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

Sidang Putusan Sela, Ratna Sarumpaet: Insya Allah Dikasih Keadilan