alexametrics

Dubes Australia Sebut Fraser Anning Tak Akan Dipilih Jadi Senator Lagi

19 Maret 2019, 20:22:10 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Australia turut mengecam pernyataan senator Australia Fraser Anning yang menyalahkan umat Muslim pada aksi terorisme di Christchurch, Selandia Baru. Dubes Australia untuk Indonesia Gary Quinlan pun menyampaikan, hal itu tidak dapat diterima oleh masyarakat.

“Saat masyarakat Australia dan dunia sedang berkabung, ada seorang senator dari Australia, mungkin bapak-ibu sudah mengenal namanya, Fraser Anning, seorang senator memberikan pernyataan yang sangat tidak bisa diterima oleh masyarakat dan parlemen Australia, oleh pimpinan agama manapun di Australia,” ujarnya saat ditemui di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Atas alasan tersebut, dia memastikan Anning tidak akan terpilih lagi saat pemilihan legislatif (Pileg) di negaranya. “Dan itu juga sudah mendapat kecaman yang sangat luas baik dari dalam dan luar negeri, dan tanggal 2 April 2019 ini akan ada Pileg dan pemilihan senator di Australia. Pasti orang seperti beliau tidak akan diterima dan dipilih oleh bangsa rakyat dan Australia,” tegas dia. 

Anning sendiri adalah bagian dari kelompok sayap kanan yang menolak keberadaan imigran di Australia. “Mereka itu sebetulnya adalah kelompok-kelompok manusia yang secara kejiwaan sakit,” tandas Gary.

Dia menambahkan, Anning terpilih karena menggantikan senator yang mengundurkan diri karena suatu hal. Anning merupakan salah satu senator dari wilayah Queensland.

“Fraser Anning adalah pengganti dari senator yang mengundurkan diri karena suatu hal dan lainnya, beliau dari wilayah Queensland Australia. Di sana ada 12 senator di wilayah tersebut. Beliau adalah utusan dari sebuah partai kecil, yang sangat ekstremis yang diketuai oleh seorang wanita yang sangat anti imigran, sangat anti terhadap Islam,” paparnya.

Sebelumnya, Fraser Anning mendapat kecaman setelah menerbitkan pernyataan anti-Muslim dalam menanggapi serangan di dua masjid di Selandia Baru. Pernyataan Anning menyalahkan peningkatan imigran Muslim.

Tak berselang lama, seorang remaja di Australia viral di media sosial (medsos) lantaran yang melemparkan telur ke Fraser Anning. Namun demikian, dirinya mendapat dukungan dari publik di berbagai belahan dunia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Yesika Dinta

Copy Editor :

Dubes Australia Sebut Fraser Anning Tak Akan Dipilih Jadi Senator Lagi