Vaksinasi Covid-19 Kejar Target 100 Juta Penduduk Lagi

18 Oktober 2021, 18:52:09 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mengejar target 100 juta penduduk lagi. Hal itu perlu dilakukan untuk segera membentuk kekebalan kelompok dan mencegah penularan mutasi baru virus Sars-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Dengan vaksinasi dosis pertama yang sudah mencakup 70 persen di suatu daerah, termasuk lansia sebanyak 60 persen, maka daerah tersebut dapat mendorong penurunan status level PPKM,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangannya  pada Senin (18/10).

Upaya yang dilakukan untuk mengejar target tambahan 100 juta masyarakat divaksinasi Covid-19 adalah bekerja sama dengan dengan TNI-Polri dan BKKBN, juga lintas kementerian terkait untuk menjangkau daerah yang sulit terjangkau vaksinasi.

Kementerian Kesehatan juga berupaya memperbanyak pos vaksinasi di desa, sumber daya manusia, dan menggerakkan orang-orang dengan pendekatan lokal agar masyarakat mau divaksinasi. “Vaksinasi adalah cara untuk membentuk kekebalan kelompok di masyarakat. Vaksinasi memungkinkan tubuh membangun imun sehingga tubuh lebih siap jika terinfeksi virus,” urai Nadia. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads