alexametrics

Disinggung Belum Pernah Berhaji, Begini Jawaban Dirjen Haji

18 Oktober 2021, 20:29:07 WIB

JawaPos.com – Saat memimpin pelaksanaan Media Gathering di Jakarta (18/10), Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mendapatkan pertanyaan menohok. Dia yang selama ini belum pernah berangkat haji, apakah bisa memimpin direktorat jenderal yang membidangi urusan haji itu.

Menjawab pertanyaan itu, Hilman mengawali dengan senyum. “Mungkin sama dengan Direktur Pertamina, apakah pernah jualan minyak,” katanya sambil bercanda.

Hilman mengatakan memiliki tim luar biasa di Kemenag. Sehingga dia mampu meningkatkan kualitas manajemen penyelenggaraan haji yang menjadi tugasnya.

Kader Muhammadiyah itu mengatakan ibadah haji itu banyak terkandung rahasia Allah. Bukan soal kemampuan fisik atau finansial semata.

Dia mencontohkan ada orang yang sudah mapan secara ekonomi atau kaya, tetapi belum berhaji. Sebaliknya ada orang yang kurang mampu, tetapi berhaji. Sehingga masyarakat mengenal haji itu adalah ibadah panggilan Allah.

Dalam penyelenggaraan haji yang dilakukan Kemenag soal manajemennya. Mengelola jutaan orang yang mendaftar haji. Ratusan ribu jamaah haji setiap kali pemberangkatan. Kemudian manajemen penerbangan, keuangan haji yang sekarang mencapai ratusan triliun rupiah, dan soal ibadahnya juga.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan




Close Ads