JawaPos Radar

Bulan Ini Pemerintah Bakal Resmikan Badan Siber dan Sandi Negara

18/10/2017, 20:54 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Wiranto
Menkopolhukam Wiranto. (JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) masih terus dirampungkan oleh pemerintah. Targetnya Oktober 2017 ini, lembaga baru itu bakal diresmikan dan mulai beroperasi. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto mengatakan semua pembahasan mengenai BSSN sudah dituntaskan. 

"Untuk pembahasan BSSN sudah tuntas, bulan ini akan kami resmikan, ya," kata Wiranto di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (18/10).

Pendiri Partai Hanura itu menambahkan, semua pembahasan mengenai organisasi, tugas pokok, begitupun soal cakupan-cakupan yang dilakukan sudah rampung dibentuk. 

“Sekarang tinggal proses akhir saja. Sekarang memang belum diresmikan. Mudah-mudahan bulan ini," ujarnya.

Dia juga menyebut bila nantinya BSSN akan memproteksi serta memayungi semua kegiatan siber yang ada karena di sejumlah instansi telah membentuk badan siber sendiri.

"Apakah Cyber Defence dari Kementerian Pertahanan, ada Cyber Intelligence dari BIN, ada Cyber War yang ada di TNI, ada lagi Cyber Commercial yang ada di perbankan dan sebagainya. Tapi, kami belum punya payung yang memayungi itu dan mengoordinasikan semua kegiatan siber," ujarnya.

Wiranto menerangkan, pembentukan BSSN ini adalah gabungan dari Lembaga Sandi Negara (LSN) dan Direktorat Jenderal Aplikasi serta Informatika Kominfo. 

"Presiden minta supaya jangan memubazirkan organisasi yang sudah ada, sehingga sebagai embrionya adalah kami tunjuk lembaga sandi negara yang di-update menjadi BSSN," ujarnya.

(elf/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up