alexametrics

Menkes Ungkap Rencana Transformasi Industri Kesehatan di Indonesia

18 September 2021, 19:23:07 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan rencana transformasi di industri kesehatan. Hal itu sesuai dengan permintaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) setelah mengalami krisis kesehatan karena Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Kemenkes sendiri sudah menyiapkan enam kerangka untuk mengawali transformasi di industri kesehatan. Menurutnya, dalam mengubah suatu industri untuk menjadi lebih memang perlu sebuah tekanan atau krisis.

’’Di mana dalam krisis global, Indonesia berhasil melakukan tranformasi berbagai industri terkait. Dari tahun 98 industri perbankan kita lihat sendiri jauh lebih baik dari tahun 98,” ujarnya secara virtual, Sabtu (18/9).

Budi memaparkan, langkahnya mentransformasi industri kesehatan diantaranya, Pertama terkait perawatan kesehatan utama. Sebab, hal itu merupakan faktor yang paling penting. “Karena kita merasa itu yang paling penting jauh lebih efektif lebih murah lebih nyaman,” tuturnya.

Kedua, terkait layanan rumah sakit rujukan. Ketiga, menyangkut sistem ketahanan kesehatan. Ke empat, adalah pembayaran kesehatan. Kelima, transformasi sumber daya kesehatan seperti sumber daya manusianya, khususnya dokter. Terakhir, adalah transformasi informasi teknologi dibidang  kesehatan.

Selanjutnya, pemerintah tidak lagi berfokus pada pengobatan orang sakit melainkan lebih fokus dalam menjaga kesehatan masyarakat. Sebab, sebenarnya, dalam menjaga kesehatan tidak membutuhkan anggara yang besar.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads