alexametrics

Bagai Pisau Bermata Dua, MUI Curiga Usaha Tiongkok Rangkul Taliban

18 Agustus 2021, 13:19:57 WIB

JawaPos.com – Taliban berhasil merebut pemerintahan Afghanistan untuk kedua kalinya sejak 1996 lalu. Atas keberhasilan itu, Tiongkok menjadi negara pertama yang merangkul Taliban atas capaian tersebut.

Langkah Tiongkok itu pun menuai respons dari Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. Menurunya, hal itu merupakan langkah yang cerdas. Di mana sebelumnya, pada 1996 Tiongkok sama sekali tidak mengakui keberhasilan Taliban mengambil alih pemerintahan.

“Tiongkok sebagai negara yang bertetangga dengannya dengan cerdik sekali memanfaatkan situasi yang ada, di mana pemerintah Tiongkok menyatakan dirinya siap untuk bekerjasama dengan rezim Taliban,” kata dia kepada JawaPos.com, Rabu (18/8).

Tentu itu disambut baik oleh pemerintahan Taliban. Sebab, mereka menyadari bahwa untuk memulihkan perekonomian negara dan menjadi negara maju, perlu adanya bantuan dari negara-negara lain.

“Hal ini tentu saja akan disambut baik oleh Pemerintah Taliban karena mereka yakin memang tidak akan ada negara-negara maju di dunia sekarang ini yang akan bisa membantu mereka untuk memulihkan ekonomi negara mereka yang sudah hancur lebur tersebut, kecuali hanya Tiongkok yang memang memiliki kekuatan ekonomi besar di dunia saat ini,” sambungnya.

Akan tetapi, hal ini menurutnya seperti pisau bermata dua. Sebab, Tiongkok juga dikenal dengan sistem kapitalismenya yang luar biasa, bisa saja Afghanistan dijadikan alat oleh negara berjuluk Negeri Tirai Bambu tersebut.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads