alexametrics

BKN Diminta Segera Ikuti Arahan Presiden Soal Nasib 75 Pegawai KPK

18 Mei 2021, 11:45:52 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi III DPR Taufik Basari mendukung penuh sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak setuju jika 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diberhentikan, lantaran tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

Adapun 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lolos TWK sebagai syarat mereka beralih menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Saya mendukung pernyataan Presiden bahwa dalam menindaklanjuti hasil TWK maka BKN (Badan Kepegawaian Negara-BKN) beserta Kementerian PAN-RB harus berpedoman kepada Putusan MK yang menyatakan alih status tidak boleh merugikan hak para pegawai yang mengikuti proses tersebut,” ujar Taufik kepada wartawan, Selasa (18/5).

Saat ini, yang menjadi kunci adalah keputusan dan kebijakan BKN terhadap proses alih status ini yang tetap harus berpedoman kepada pernyataan Presiden Jokowi yang tidak ingin 75 pegawai KPK diberhentikan.

“Dengan berpedoman kepada pernyataan Presiden mengenai tindak lanjut dari hasil TWK tersebut maka membuka peluang bagi BKN untuk mengambil kebijakan berupa melanjutkan proses alih status sebagai ASN, namun dengan diikuti langkah-langkah pembinaan terhadap pegawai yang tidak memenuhi syarat sesuai hasil evaluasi tes wawasan kebangsaan,” katanya.

“Dengan demikian pilihan kebijakannya dapat berupa pembinaan atau penugasan dan penempatan, bukan berupa pemecatan,” tambahnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads