alexametrics

BMKG: Hujan di Jabodetabek Dipengaruhi Sirkulasi Siklonik

18 April 2021, 10:08:56 WIB

JawaPos.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan, siklon tropis Surigae yang saat ini berada di Samudra Pasifik utara Papua Barat, tidak berpengaruh terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek. Hal ini karena faktor jarak yang jauh.

“Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu, dan perlambatan angin di atas Banten-Jawa Barat,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya, Minggu (18/4).

Cuaca di Jabodetabek belakangan ini mengalami hujan disertai petir atau kilat. Dia menjelaskan, sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Bengkulu tersebut membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung. Sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan disepanjang sistem sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konfluensi.

Baca Juga: Imbas Siklon Tropis Surigae, 9 Provinsi Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatra Utara bagian selatan, dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi awan hujan disepanjang wilayah konvergensi tersebut,” ujar Guswanto.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads