alexametrics

Menlu Retno Sebut 3 WNI di Kapal Diamond Princess Positif Virus Korona

18 Februari 2020, 14:48:31 WIB

JawaPos.com – Menjelang berakhirnya masa karantina para awak dan penumpang di kapal pesiar Diamond Princess selama 14 hari pada 19 Februari 2020, Menteri Retno Marsudi mengumumkan bahwa WNI akhirnya positif virus Korona asal Wuhan, Tiongkok. Padahal per Senin (17/2), Kementerian Kesehatan RI memastikan 78 awak kapal yang merupakan WNI seluruhnya dalam kondisi sehat. Tentunya ini menjadi kabar gawat darurat.

“Yang ingin saya sampaikan adalah WNI yang di kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang. Berdasar komunikasi kami terakhir termasuk dengan Duta Besar Jepang, maka diperoleh informasi bahwa 3 dari 78 kru dinyatakan konfirm (positif),” tegas Menteri Retno dalam konferensi pers, Selasa (18/2).

Menteri Retno menjelaskan, total penumpang dan awak di dalam kapal itu sebanyak 3.711 orang yang terdiri dari penumpang 2.666 sementara kru 1.045 dari 56 negara. Dari 3 WNI yang terkonfirmasi positif, 2 di antaranya dibawa ke RS Chiba, Jepang. Dan 1 WNI lainnya sedang proses ke RS.

“Sehingga perdetik ini (13.17 WIB) saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke RS mana. Tim KBRI sudah ada di Chiba. Mereka sudah menuju ke Chiba untuk memastikan bahwa WNI kita dapat penanganan dan fasilitas di Jepang,” kata Menteri Retno.

Menteri Retno menambahkan, pihak KBRI juga terus melakukan komunikasi dengan para kru WNI yang masih ada di dalam kapal. Pemerintah menjamin penanganan untuk para kru cepat dilakukan.

“Kemarin saya komunikasi per telpon dengan WNI yang ada di kapal tersebut. Dan kami sampaikan perhatian besar pemerintah termasuk saya sampaikan pembicaraan yang terus dilakukan di Jepang, termasuk yang terjadi pada para kru kapal,” katanya.

Menteri Retno melakukan pertemuan Dubes Jepang sebelum mengumumkan kabar 3 WNI positif tersebut. Pihaknya meminta perhatian kondisi kesehatan para kru kapal termasuk kru WNI yang jumlahnya 78 orang.

“Saya juga minta informasi yang detil mengenai rencana Jepang setelah 19 Februari besok begitu selesai karantina.

Permintaan ini saya sampaikan mengingat informasi yang diberikan sampai saat ini masih terbatas,” jelasnya.

Sementara itu kemarin, Selasa (18/2), Kemenkes memastikan 78 WNI masih dalam kondisi sehat. Mereka enggan pulang ke Indonesia karena masih terikat kontrak dengan perusahaan kapal pesiar.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads