alexametrics

RUU TPKS Segera Jadi RUU Inisiatif DPR, MenPPPA Beri Apresiasi

18 Januari 2022, 09:18:23 WIB

JawaPos.com – Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) direncanakan untuk disahkan sebagai RUU inisiatif DPR RI pada hari ini, Selasa (18/1). Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menginstruksikan jajarannya agar kebijakan ini segera diundangkan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga pun menyampaikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam proses tersebut, seperti Tim Gugus Tugas dan Badan Legislatif. Pasalnya, regulasi ini bersifat darurat untuk segera menjadi payung hukum di Indonesia.

“Komunikasi yang dibangun dengan baik bersama Badan Legislatif melalui serial FGD yang dilaksanakan selama tahun 2021, telah menghasilkan komitmen yang kuat antara Pemerintah dengan Badan Legislatif untuk mempercepat proses pembahasan RUU TPKS,” ujar dia dikutip, Selasa (18/1).

Menteri Bintang mengatakan, sejak tahun 2016, KemenPPPA telah terlibat dalam diskusi gagasan awal RUU TPKS atau yang sebelumnya dikenal sebagai RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Bahkan, pada 2017 KemenPPPA menjadi leading sector pemerintah dalam penyiapan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) bersama kementerian lainnya.

“Selama tahun 2020-2021, kami intens melakukan pengawalan terhadap dinamika RUU TPKS. Dialog konstruktif kami lakukan tidak hanya terbatas dengan pihak yang sepakat atas inisiasi RUU TPKS, tetapi juga menjaring aspirasi dengan para pihak yang belum sepakat atas RUU ini,” tuturnya.

Menurut dia, koordinasi dan konsultasi yang telah dilakukan oleh pihaknya merupakan bentuk upaya pelaksanaan arahan Presiden Jokowi, yaitu penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk kekerasan seksual.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: