alexametrics

Pemakaman Jenazah Max Sopacua Diwarnai Isak Tangis Keluarga

17 November 2021, 17:00:54 WIB

JawaPos.com–Pemakaman jenazah penyiar sekaligus politikus Partai Demokrat Max Sopacua di Gang Sadar, RT02/RW01, Kelurahan Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Rabu (17/11) siang, diwarnai isak tangis keluarga​​​​​​​.

Jenazah Max berangkat dari rumah duka di Gang Kepatihan, Kelurahan Ciomas Rahayu, Kabupaten Bogor, pada pukul 13.00 WIB. Jenazah dibawa menggunakan mobil ambulans Partai Demokrat.

Setibanya di Gang Sadar, keranda jenazah Max digotong anaknya Ferro dan warga sekitar menuju lokasi pemakaman keluarga. Max dimakamkan satu liang lahat dengan istrinya Tutie Irawati.

Ketika jenazah mulai dibuka dari keranda dan diadzani Ferro, tangisnya dan anggota keluarga lain pun tak tertahan. Pemakaman terus berlanjut hingga tanah mulai menutupi liang lahat dan tangis nampak tetap tak tertahan dari anggota keluarga.

Kepergian politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama dua periode pada 2004–2009 dan 2009–2014 itu pun dihadiri warga sekitar.

Max yang merupakan tokoh senior Partai Demokrat, selama di DPR dia mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat IV (2004–2009) dan Jawa Barat V (2009–2014) dan bertugas di Komisi IX dan I DPR, begitu berkesan bagi keluarga.

Sekitar pukul 13.30 WIB, usai tanah menutupi makam ayahnya, Ferro pun memohon doa dan maaf atas segala kekhilafan yang mungkin dilakukan ayahandanya selama hidup. Dia menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran warga yang mengiringi pemakaman Max.

”Tidak ada kata yang lebih tepat, kecuali terima kasih kami ucapkan kepada semuanya, mohon Papa kami dimaafkan jika ada khilaf,” kata Ferro Sopacua seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/11).

Sebelumnya, Ferro Sopacua mengatakan, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yhudhoyono telah menyampaikan ucapan belasungkawa kepada pihak keluarga.

”Tahu, karena terakhir komunikasi, sempat disampaikan beliau juga memaafkan Pak SBY dan alhamdulillah juga dari tadi pagi sudah ada utusan statemen dari Pak SBY dan Mas AHY dan itu kami terima kasih sekali,” kata Ferro.

Menurut Ferro, kabar kondisi SBY yang juga sedang dalam perawatan di rumah sakit di Amerika Serikat, yakni RS St Marys dan RS Mayo Clinic, untuk menjalani kanker prostat juga telah disampaikan pihak keluarga pada hari-hari terakhir Max dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

”Yang pasti ayah saya minta maaf kepada semua pihak, itu sempat dikatakan ketika masih bisa berkomunikasi. Beliau menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh keluarga dan tentu kepada teman-temannya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Jadi kalimat terakhirnya permohonan maaf,” ucap Ferro.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: