alexametrics

Donor Darah dan Plasma Konvalesen Bantu Kendalikan Pandemi Covid-19

17 September 2021, 21:19:29 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mendorong masyarakat luas dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, salah satunya dengan berpartisipasi dan dan saling membantu dalam memberikan donor plasma konvalesen bagi yang membutuhkan. Donor darah dan juga donor plasma meningkat saat ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate baru-baru ini mengatakan bahwa gotong royong selalu menjadi kunci utama untuk mengantarkan bangsa Indonesia keluar dari berbagai situasi sulit. Dalam konteks pandemi saat ini, menurutnya hal itu kian relevan dan dibutuhkan.

“Gotong royong dan saling bahu membahu dalam membantu sesama merupakan modal sosial kuat yang dimiliki bangsa Indonesia. Di situasi seperti inilah semangat gotong royong kian dibutuhkan, salah salah satu bentuk nyata yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan berkontribusi melalui donor plasma konvalesen,” ujar Johnny, secara daring baru-baru ini menurut keterangan Satgas Covid-19.

Saat ini banyak masyarakat yang kesulitan mencari donor plasma darah konvalesen. Namun banyak masyarakat yang harus menunggu lama untuk mendapatkan donor plasma konvalesen, bahkan hingga harus menyampaikan permintaan di media sosial untuk mencari pertolongan.

Johnny mengapresiasi berbagai inisiatif masyarakat dan tenaga medis dalam memberikan donor plasma konvalesen kepada para pasien Covid-19. Stok plasma konvalesen ataupun darah utuh (WB, whole blood) yang terkumpul kemudian akan disalurkan ke pasien Covid-19 yang membutuhkan lewat UTD RS Kanker Dharmais.

Dalam rangka mendukung hari Palang Merah Indonesia (PMI) pada 17 September 2021, Self-Regulatory Organization (SRO) pasar modal Indonesia yang terdiri atas PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), juga menggalang donor darah dan donor plasma serentak di beberapa kota.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads