alexametrics

Hari Ini Puncak Arus Balik

17 Mei 2021, 12:00:27 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memperkirakan puncak pergerakan arus balik ke kota-kota besar terjadi hari ini (17/5). Bersamaan dengan itu, muncul kekhawatiran penularan kasus Covid-19 antarwilayah. Apalagi, aktivitas masyarakat menjelang dan saat libur Lebaran ternyata meningkat. Baik di pusat perbelanjaan maupun tempat wisata.

Kabid Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sony B. Harmadi menjelaskan, pihaknya menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 akibat aktivitas selama Lebaran. Namun, sejauh ini, tren kasus terpantau stabil.

”Belum bisa terlihat. Kondisinya masih terkendali dan trennya baik. Baru akan kita lihat pengaruhnya dalam 1–2 minggu ke depan,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (16/5).

Menurut catatan Satgas Penanganan Covid-19, pertambahan kasus positif harian dalam beberapa hari terakhir relatif landai. Yakni, di kisaran 4 ribu kasus per hari. Bahkan, pada 15 Mei lalu, kasus positif turun ke angka 2.385 kasus. Kemudian sedikit meningkat kemarin dengan 3.080 kasus.

Meski begitu, co-founder kawalcovid19.id Elina Tjiptadi memperingatkan, penurunan kasus harian bisa jadi dipicu menurunnya jumlah tes selama masa liburan Idul Fitri. Hal itu terlihat dari tren kasus kematian yang naik sejak April 2021. Padahal, kenaikan kasus positif terlihat stagnan. ”Indikasinya, kasus sedikit karena tes sedikit. Tapi, akibatnya, banyak yang terlambat terdeteksi sehingga tidak tertolong,” jelas Elina.

Menurut catatan kawalcovid19.id, daerah-daerah dengan fatality rate tinggi terkonsentrasi di Aceh dan Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Bengkulu, Jatim, serta Papua Barat. Padahal, kata Elina, Jatim dan Sumsel memiliki kasus aktif yang relatif rendah. ”Kasus aktif nggak banyak. Kan semestinya rumah sakit tidak kewalahan, tingkat kematian tidak seharusnya tinggi. Kalau tingkat kematian tinggi, tapi kasus aktif sedikit, berarti tes dan trace yang harus digenjot,” terangnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/idr/mia/deb/c18/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads