alexametrics
Terkendala Cuaca dan Logistik

KPU Berpotensi Gelar Pemilu Susulan di 11 Kabupaten/Kota

17 April 2019, 22:02:38 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) membuka peluang menggelar pemilu susulan di 11 kabupaten/kota. Potensi pemungutan suara ulang ini menyusul ditemukannya sejumlah kendala yang terjadi di hari pencoblosan pada Rabu (17/4).

“Ada mungkin sekitar 11 kabupaten. Kami masih merekap. Misalnya 11 kabupaten itu melibatkan total berapa TPS, itu terus kami update,” ujar Komisoner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Rabu (17/4).

Pramono sempat menyebut beberapa daerah yang mungkin akan dilakukan pemilu susulan. Di antaranya yaitu Banggai, Kota Jambi, Nias Selatan, Banyuasin, Intan Jaya, dan Tolikara.

Saat ini KPU masih melengkapi data dari 11 daerah tersebut, untuk menghitung TPS yang perlu disediakan untuk pemungutan suara susulan. Pramono menjelaskan, pemilu susulan di 11 daerah ini mayoritas diakibatkan karena persoalan logistik.

“Sebagian persoalan logistik,” katanya tanpa merinci persoalan logistik yang dimaksud.

Hanya saja, Pramono sempat menyebut kasus di Tolikara dan Intan Jaya, Papua logistik tidak bisa didistribusikan ke TPS. Hal itu dikarenakan cuaca ekstrem berupa hujan deras yang menyulitkan pengiriman.

Pramono menjelaskan, apabila pemilu susulan dilakukan, maka sistemnya akan tetap sama dengan pemungutan suara pada hari ini. TPS mulai dibuka pukul 07.00 dan ditutup pukul 14.00 waktu setempat.

Begitu pula formulir C6 atau pemberitahuan mencoblos akan dibagikan ulang kepada pemilih yang berhak. KPU juga akan menyediakan kembali TPS sesuai kebutuhan, dilengkapi saksi dan pengawas.

“Jadi, kaitan soal pemilu susulan itu ada banyak konsekuensinya,” pungkas Pramono.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads