alexametrics

HS Dillon Tutup Usia, Selamat Jalan Lali, Rest In Peace

16 September 2019, 21:08:39 WIB

JawaPos.com – Mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Harbrinderjit Singh (HS) Dillon tutup usia. Pegiat kemanusiaan itu, meninggal di Rumah Sakit Siloam, Bali sekitar pukul 18.27 WITA.

“Telah pergi dengan damai orang tua, abang, sahabat kami HS Dillon, hari ini Senin 16 September pukul 18:27 WITA di RS Siloam Bali,” kata Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid kepada JawaPos.com, Senin (16/9).

“Saat ini keluarga masih berkumpul dan masih akan memutuskan apakah jenazahnya akan dibawa ke Jakarta,” sambungnya.

Usman menyampaikan, semasa hidupnya HS Dillon merupakan sosok yang sangat peduli pada persoalan perlindungan HAM. Menurutnya, HS Dillon tidak pernah berhenti berpikir dan selalu mengajak siapa pun untuk terus memikirkan kepentingan bangsa dalam semangat kemanusiaan yang melampaui sekat suku, agama, ras dan asal usul kebangsaan.

“Ia (Dillon) telah lama berkiprah di Komnas HAM, termasuk dalam penyelidikan pelanggaran HAM berat di Timor Timur,” ucap Usman.

Usman juga menyebut, HS Dillon merupakan sosok yang tidak pernah lelah memikirkan negara yang enggan menuntaskan agenda nasional yakni kasus pelanggaran HAM masa lalu. Bahkan sangat kritis terhadap jalannya pembangunan yang tidak memperhatikan penghormatan HAM dan pelestarian alam.

“Selamat jalan Lali, Rest In Peace,” tutup Usman.

Senada dengan Usman, pegiat HAM Haris Azhar pun membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, seniornya itu mengidap penyakit jantung. Baginya, HS Dilon merupakan sosok teman yang baik, cerdas dan kritis terhadap masalah sosial.

“Saya sangat sedih, beliau adalah kawan yang baik, nasehatnya tajam, cerdas,” jelas Haris.

Diketahui, HS Dillon lahir di Medan, Sumatera Utara ia meninggal dunia pada usia 74 tahun. Sejumlah jabatan yang pernah dia pegang antara lain Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (1998-2003), Anggota Dewan Ekonomi Nasional (1999-2000), Anggota Tim Gabungan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (2000-2001).

Selain itu, Dillon pun sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (Maret 2001-Oktober 2001) dan Utusan Khusus Presiden bidang Penanggulangan Kemiskinan (2011-2014).

Bahkan, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI), almarhum juga menerima tanda jasa Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah. Tanda jasa itu diserahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Kamis 13 Agustus 2015.

 

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads