alexametrics

7 Langkah Dongkrak Libido Perempuan Setelah Fase Menopause

16 September 2018, 04:50:06 WIB

JawaPos.com – Dorongan seksual pada perempuan secara alami cenderung berfluktuasi selama bertahun-tahun. Stamina seks juga dipengaruhi oleh dengan perubahan fase hidup seperti menopause, kehamilan, atau penyakit. Selain itu, pengaruh obat-obatan tertentu menyebabkan dorongan seksual menjadi rendah.

Dilansir dari Healthy Guide, Sabtu (15/9), menurut penelitian terbaru, sebagian besar perempuan di atas usia 50 tahun atau setelah fase menopause akan memiliki dorongan seks yang menurun. Namun, tidak perlu khawatir pasalnya ada beberapa cara yang bisa membantu memperbaiki kondisi ini. Apa saja?

1. Makan Sehat

7 Langkah Dongkrak Libido Perempuan Setelah Fase Menopause7 Langkah Dongkrak Libido Perempuan Setelah Fase Menopause
Ilustrasi: yoga bisa meningkatkan libido perempuan. Sebab, memperlancar sirkulasi darah ke organ kewanitaan. (boldsky)

Sebuah studi menemukan hubungan antara kolesterol tinggi dan perempuan yang mengalami kesulitan dalam gairah dan orgasme. Setelah kolesterol hormon menumpuk di arteri, itu mungkin membatasi sirkulasi darah ke daerah panggul, sehingga menyebabkan penurunan sensasi vagina dan lebih sulit untuk mencapai orgasme.

Untuk menjaga agar kadar kolesterol seimbang, maka harus mengonsumsi lebih banyak makanan sehat seperti buah dan sayuran dan sekaligus mengurangi produk susu dan lemak hewan.

2. Coba Posisi Seks Baru

Untuk meningkatkan dorongan seksual, dapat mempertimbangkan membuat beberapa perubahan di kamar tidur. Misalnya, mencoba posisi seks baru. Ada banyak posisi seks yang bisa dicoba, untuk membuat hubungan lebih menarik.

3. Lakukan Kegel

Menurut sebuah penelitian, latihan kegel atau latihan dasar panggul dapat meningkatkan kekuatan otot untuk membantu dalam orgasme. Caranya dengan mengencangkan otot-otot panggul seperti cara menghentikan aliran urin. Lalu, tahan selama beberapa detik, rileks dan ulangi proses ini.

Untuk hasil terbaik, lakukan latihan ini beberapa kali dalam sehari. Perlu diperhatikan bahwa latihan ini harus mulai dengan 4-5 repetisi dua detik dan sekitar tiga kali sehari.

4. Vitamin Dan Mineral

Ada beberapa vitamin dan mineral penting yang dapat membantu meningkatkan dorongan seks pada perempuan. Seperti Vitamin B yang berfungsi mencegah pemecahan dopamin dan serotonin, sehingga membantu tetap berenergi. Lalu, zinc yang membantu meningkatkan produksi testosteron dan mencegah testosteron berubah menjadi estrogen.

5. Tidur Yang Baik

Tidur nyenyak membantu meningkatkan respons insulin, mengontrol kadar kortisol dan meningkatkan produksi estrogen, testosteron, dan progesteron. Semakin tinggi tingkat hormon seksual, semakin tinggi akan mendapatkan libido.

6. Yoga

Selain membantu menjadi lebih sehat, yoga juga merupakan penguat libido. Selain itu, pose yoga juga dapat membantu meningkatkan orgasme dengan meningkatkan sirkulasi darah ke organ seksual.

7. Diet Sehat

Jika berat badan berlebihan maka akan mencegah untuk mencapai orgasme. Oleh karenanya, kurangi konsumsi gula dan tepung olahan dari diet harian. Kemudian, ,inum 6-8 gelas air setiap hari dan makan malam yang lebih ringan.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : (fid/JPC)

7 Langkah Dongkrak Libido Perempuan Setelah Fase Menopause