Jokowi Tegaskan Pemberantasan Korupsi Masih Jadi Prioritas Utama

16 Agustus 2022, 12:40:25 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan upaya pemberantasan korupsi masih menjadi prioritas utama. Karena itu, Jokowi meminta Polri, Kejaksaan Agung dan KPK untuk selalu melakukan kerja-kerja pemberantasan korupsi.

“Pemberantasan korupsi terus menjadi prioritas utama, untuk itu Polri, Kejaksaan dan KPK terus bergerak. Korupsi besar di Jiwasraya, Asabri dan garuda berhasil diongkar dan pembenahan total telah dimulai,” kata Jokowi dalam sambutan sidang tahunan MPR, DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Jokowi pun meminta penyelamatan aset negara yang tertunda seperti di kasus BLBI untuk terus dikejar. Dia tak memungkiri, tim satuan tugas (Satgas) BLBI telah menunjukkan hasil.

Kepala negara menegaskan, hukum harus ditegakkan dengan seadil-adilnya tanpa pandang bulu. Menurut Jokowi, keamanan, ketertiban sosial, stabilitas politik adalah kunci rasa aman untuk memberikan keadilan.

“Khususnya oleh aparat penegak hukum dan lembaga-lembaga peradilan,” tegas Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini pun mengapresiasi skor indeks persepsi korupsi mengalami kenaikan dari 37 menjadi 38 pada 2021. Sementara berdasarkan data BPS, indeks perilaku antikorupsi juga meningkat dari 3,88 ke 3,93 pada 2022.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: