alexametrics

Wonogiri Pertama Tuntaskan Data SDGs Desa, Mendes PDTT Beri Apresiasi

16 Juni 2021, 19:19:43 WIB

JawaPos.com – Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ditargetkan selesai pada 1 Juli 2021. Wilayah pertama yang berhasil menjadi yang pertama menyelesaikannya adalah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Sebanyak 251 Desa yang tergabung dalam 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri tercatat telah menyelesaikan pendataan. Dengan capaian tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar pun mendatangi wilayah tersebut untuk mengetahui proses pendataannya.

“Saya sengaja sowan ke sini (Kabupaten Wonogiri) untuk belajar lebih jauh proses pendataannya, untuk kita tularkan kepada bupati-bupati se-Indonesia,” jelasnya di Pendopo Kabupaten Wonogiri dalam keterangannya, Rabu (16/6).

Gus Menteri, panggilan akrabnya mengatakan bahwa data merupakan instrumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan baik di pusat maupun di desa. Pasalnya, jika hanya kajian teori, itu tidak bisa dijadikan dasar pelaksanaan program.

“Di Kementerian Desa PDTT itu enggak bisa ngomong teori, harus ngomong data, enggak mungkin 74.961 desa terus ngomong teori-teori pembangunan, harus data,” ujarnya.

Untuk itu itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di pemerintah Kabupaten Wonogiri, termasuk para camat, kepala desa, pendamping desa, ketua Pokja relawan pendataan SDGs Desa yang berhasil menuntaskan seluruh data SDGs Desa.

Atas capaian tersebut, dirinya memberikan penghargaan kepada 656 orang yang terlibat dan berhasil menyelesaikan pendataan. Mereka adalah 251 kepala desa, 251 sekretaris desa yang juga sebagai ketua Pokja pendataan, pendamping kabupaten sebanyak 6, pendamping desa sebanyak 53 dan pendamping lokal desa sebanyak 69 orang.

Adapun, hingga per 16 Juni ini, pendataa tercatat sudah ada 40.833 desa atau setara 54 persen desa. Sementara untuk data warga yang sudah masuk di dalam SDGs Desa atau sistem informasi desa mencapai 79.896.201 warga atau setara 68 persen dari total warga desa.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads