alexametrics

Kapolri Beberkan 5 Klaster Covid-19 di Jakarta

16 Juni 2021, 14:16:40 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo membeberkan, ada lima kaster Covid-19 di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Lima klaster di ibu kota tersebut adalah di wilayah Cipayung, Cilincing, Kelapa Dua, Kayu Putih, dan Ciracas.

Sigit menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penelusuran terhadap 1.568 orang dari lima wilayah di DKI Jakarta tersebut.

“Dari 1.568 orang yang kami tracing di lima klaster tersebut terdapat 103 orang kasus aktif di lima klaster, dan saat ini terus terjadi peningkatan,” katanya.

Sigit berujar untuk meminimalisir penambahan angka Covid-19 tersebut maka dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau PPKM mikro. Termasuk juga melakukan sosialisasi gerakan 5M.

“Kami melakukan pola, yaitu dengan melakukan penguatan dan penebalan PPKM mikro untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan optimalkan 5M, mulai dari edukasi, pembagian masker, operasi yustisi, penyemprotan disinfektan, dan meniadakan kegiatan masyarakat untuk menghindari kerumunan,” ungkapnya.

Kemudian juga memaksimalkan 3T yakni testing, tracing dan treatment, seperti peningkatan rasio lacak kita terhadap 10 rumah dan 10 yang laksanakan kontak erat.

“Juga memberikan imbauan dengan melibatkan tokoh-tokoh agama, meningkatkan kegiatan testing, dan juga termasuk mempersiapkan dan menambah tenaga kesehatan,” tuturnya.

Lebih lanjut Sigit menuturkan, beberapa daerah di zona merah yang menjadi episentrum tentunya menjadi perhatian pihaknya. Pasalnya masih banyak masyarakat orang tanpa gejala berinteraksi dengan masyarakat yang sehat.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads