alexametrics

Wapres Ma’ruf Amin dan Menag Yaqut Kena Hoax, Wamenag: Fitnah Keji!

16 Mei 2022, 09:12:35 WIB

JawaPos.com – Warganet tengah dihebohkan dengan tersebarnya foto yang dinarasikan sebagai Wakil Presiden Ma’ruf Amin tengah melaksanakan salat jenazah, namun ada gerakan rukuk dan sujudnya. Selain itu, ada pula foto yang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang tengah merangkul pria yang mengaku gay, Ragil Mahardika.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid memastikan kedua foto tersebut adalah hoax. Menurutnya, Wapres Ma’ruf dan Menag Yaqut tidak pernah melakukan tindakan seperti yang tersebar di media sosial.

“Saya menengarai ada kelompok yang bertujuan melakukan proses pembusukan terhadap para tokoh agama yang kebetulan menjabat sebagai pejabat negara di masa pemerintahan Pak Jokowi (Presiden Jokowi),” kata Zainut kepada wartawan, Senin (16/5).

“Video dan foto tersebut setelah melalui pengamatan para ahli, hasilnya dinyatakan palsu dan merupakan hasil rekayasa editan. Jadi baik video Wapres Ma’ruf salat jenazah dan foto Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika adalah bentuk fitnah yang keji,” imbuhnya.

Zainut menilai, pihak-pihak yang menyebarkan hoax ini memiliki tujuan jahat untuk memberikan citra buruk kepada para tokoh agama dan pejabat negara. Bahkan lebih jauh dari itu, untuk membuat keresahan, kepanikan, kebencian, fitnah, adu domba serta perpecahan.

Oleh karena itu, Zainut meminta masyarakat untuk lebih waspada menerima informasi. Seluruh berita yang diterima harus dikonfirmasi untuk mencari kebenarannya.

“Kita harus bijak dan cerdas dalam menyaring setiap informasi. Kita harus sharing sebelum sharing, agar kita tidak menjadi bagian dari orang yang menyebarkan fitnah dan kebencian,” pungkasnya.

Sementara itu, Zainut meminta pihak kepolisian dan Kementerian Kominfo untuk lebih meningkatkan pengawasannya di dunia maya. Apabila menemukan konten bernuansa hoax, firnah, atau provokasi agar segera ditangani.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads