alexametrics

Pelunasan BPIH Kuota Tambahan Mundur

Masih Verifikasi Urutan Usia Calon Jamaah
16 Mei 2019, 14:07:25 WIB

JawaPos.com – Seharusnya pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk mengisi tambahan kuota haji dibuka kemarin (15/5). Tetapi, ternyata rencana tersebut tidak terlaksana. Hingga tadi malam, belum ada tanda-tanda bakal dimulainya pelunasan BPIH.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) Mastuki menjelaskan, pelunasan BPIH tahap ketiga tersebut diperuntukkan calon jamaah haji (CJH) kuota tambahan. Itu dilakukan karena pemerintah Arab Saudi memberikan kuota tambahan sebanyak 10 ribu kursi kepada Indonesia.

”Saat ini kami masih harus menyelesaikan verifikasi terhadap urutan usia jamaah di tiap-tiap wilayah,” kata Mastuki saat dikonfirmasi kemarin (15/5).

Dia menuturkan bahwa separo dari tambahan kuota itu diperuntukkan jamaah lansia dan pendampingnya. Untuk itu, Kemenag masih membutuhkan waktu guna menyusun urutan CJH berhak lunas kuota tambahan.

Ada alasan lain, yakni Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag saat ini mendesain mekanisme pelunasan BPIH kuota tambahan. Tujuannya, mekanisme pelunasan BPIH tahap ketiga bisa lebih cepat.

Mastuki menjelaskan, percepatan mekanisme pelunasan itu terkait urusan teknis dengan bank penerima setoran (BPS) ongkos haji. Percepatan mekanisme pelunasan diharapkan juga memudahkan para CJH lansia. ”Kami berharap minggu depan dua hal ini tuntas,” tuturnya. Dengan begitu, pelunasan BPIH tahap ketiga atau kuota tambahan bisa dibuka.

Sebagaimana diberitakan, pelunasan BPIH untuk CJH reguler tahun ini sudah berjalan dua tahap. Pada saat pelunasan BPIH tahap pertama ditutup, ada sisa kuota sebanyak 19.815 kursi. Pelunasan BPIH tahap pertama itu dibuka sampai 15 April lalu.

Kemudian, Kemenag membuka pelunasan BPIH tahap kedua pada 30 April sampai 10 Mei. Hingga penutupan pelunasan BPIH tahap kedua, sisa kuota tercatat sebanyak 1.549 kursi. Sisa kuota itu langsung diisi CJH kuota cadangan yang sudah melunasi BPIH.

Total ada 5.355 CJH kuota cadangan yang melunasi BPIH. CJH kuota cadangan yang tidak bisa mengisi sisa kuota pelunasan tahap kedua sangat mungkin langsung masuk kuota haji tambahan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (wan/c7/git)



Close Ads