alexametrics

Cari Sosok Pimpinan yang Tahu Kerja KPK

16 Mei 2019, 12:15:02 WIB

JawaPos.com – Pimpinan KPK berharap Presiden Joko Widodo segera meneken keputusan presiden terkait pembentukan panitia seleksi pimpinan. Dengan begitu, kerja pemberantasan korupsi tidak terhambat.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengungkapkan hal itu secara langsung kemarin (15/5). “Ya, kami berharap (keputusan presiden, Red) segera ditandatangani,” ungkapnya kemarin.

Tentu saja, lanjut dia, panitia seleksi yang dipilih harus punya integritas tinggi. “Orang-orang yang terkenal mengerti tata kerja di KPK,” papar pria yang sehari-hari dipanggil Syarif tersebut.

Pimpinan KPK periode berikutnya, lanjut Laode, harus melanjutkan langkah-langkah yang sudah diambil pimpinan KPK periode sebelumnya. Misalnya, menggasak korupsi yang melibatkan korporasi. “Baru kami mulai ini. Mudah-mudahan yang akan datang menjadi lebih banyak. Lebih masif lagi,” ujarnya.

Selain itu, dia berharap koordinator wilayah KPK di daerah-daerah semakin kuat. Dia menyebutkan, sudah ada sembilan koordinator wilayah KPK yang fokus bekerja di daerah. “Jadi, ada orang-orang tertentu yang fokus pada daerah-daerah tertentu,” imbuhnya.

Secara terpisah, Joko Widodo meminta semua pihak untuk sabar menunggu keputusan presiden mengenai pembentukan panitia seleksi pimpinan KPK. Jokowi menegaskan, keppres tersebut akan terbit dalam waktu dekat. “Sehari dua hari ini kami umumkan,” ujarnya di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta Odang di Kuningan, Jakarta, tadi malam.

Soal siapa saja sosok yang dipersiapkan sebagai anggota pansel, presiden enggan membocorkan. “Nanti kalau sudah diumumkan silakan dibaca,” imbuhnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (far/lum/syn/c10/git)