alexametrics

Buka Puasa Bareng TNI-Polri, Jokowi Bahas Penambahan 100 Jabatan Pati dan THR

16 Mei 2019, 18:53:16 WIB

JawaPos.com – TNI-Polri menggelar acara buka puasa bersama di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Kamis (16/5). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Serta turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Acara kali ini bertema ‘Soliditas dan Sinergi TNI-Polri Dalam Rangka Menjamin Stabilitas Nasional’. Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, selama ini TNI-Polri sudqh menunjukan sinerginya yang begitu baik. Hal itu tidak lepas dari kinerja seluruh prajurit serta peran aktif komponen bangsa dan masyarakat.

“Kami berharap momentum bulan suci ini bisa memperkuat persatuan anak bangsa,” ujar Hadi di lokasi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Dok JawaPos.com)

Sementara itu, Jokowi dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi terhadap TNI-Polri yang sudah bekerja penuh dedikasi selama gelaran pemilu serentak 2019. Sehingga semua berjalan damai, aman, jujur, adil dan demokratis. “Kedua negara kita negara besar jangan ada yang berpendapat ini negara kecil,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Indoneaia akan tetap menjadi negara besar. Selain itu, stabilitas politik dan keamanan tetap terjadi karena hal itu syarat mutlak pembangunan bangsa. “Dan itu tidak bisa terjadi kalau TNI dan Polri ini tidak solid dan bersatu. Artinya saat ini kita bisa bekerja membangun negeri ini karena TNI-Polri sangat solid,” imbuhnya.

Jokowi pun mengajak TNI-Polri supaya merangkul elemen masyarakat. Serta membasmi bibit-bibit terorisme karena bisa mengancam konstitusi, serta mengacaukan kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga membawa kabar bahagia untuk prajurit TNI. Yaitu akan ada penambahan jabatan perwira tinggi (Pati) TNI. Saat ini rencana tersebut masih dalam pembahasan oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan). “Jumlahnya kurang lebih 100 lagi jabatan perwira tinggi TNI. Kedepan kita buka lagi untuk tambahan perwira tinggi. Tadi saya cek rancangannya masih di Kementerian Pertahanan, mungkin minggu depan sudah di meja saya,” katanya.

Lebih lanjut, mantan Walikota Surakarta itu juga mengatakan telah manandatangi pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi TNI-Polri. Rencananya akan dibagikan paling lambat akhir bulan ini. “Untuk THR sudah saya tandatangani, paling lambat akir bulan. Dan gaji 13 bulan Juli,” pungkas Jokowi.

Hadir pula dalam acara buka puasa bersama ini antara lain, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Siwi Sukma Aji, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, serta pejabat tinggi TNI-Polri lainnya. Turut hadir sejumlah prajurit TNI-Polri, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nazaruddin Umar, hingga masyarakat umum.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan