alexametrics

Menpora Akan Pilih Siswa di Jatim Jadi Calon Atlet Nasional

16 Maret 2022, 14:03:49 WIB

JawaPos.com–Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi salah satu tempat yang dipilih Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk melatih dan menyeleksi atlet nasional. Seleksi itu bagian dari Peraturan Presiden (Perpres) No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

DBON akan menjadi panduan dalam pembinaan olahraga bagi stakeholder olahraga termasuk para kepala daerah. Rabu (16/3), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meninjau dan melakukan asesmen di kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya.

Menpora Zainuddin Amali mengatakan, akan memilih 250.000 siswa kelas 1 SMP se-Indonesia untuk ikut seleksi menjadi atlet nasional. ”Ada 250.000 yang dipilih dari berapa tahap. Itu saya gambarkan sebagai basis talenta yang dibutuhkan untuk menghasilkan atlet nasional,” kata Zainuddin Amali di Sports Science and Fitness Center Unesa Surabaya.

Tujuan akhirnya, Kemenpora ingin memiliki atlet nasional. Untuk mendapatkan jumlah itu, Kemenpora ingin memiliki sumber sebanyak 250.000 orang.

”Jadi mereka akan diseleksi. Dari 250.000 itu, diseleksi jadi 37.500. Dari situ terseleksi lagi jadi 750 orang. Nanti ketika sudah terseleksi jadi 150 atlet nasional, mereka sudah berusia 20 tahun sudah tingkat mahasiswa,” terang Zainuddin Amali.

Kemenpora menyiapkan sentra atau tempat latihan dan pendidikan seluruh siswa yang diproyeksikan menjadi atlet nasional itu. Total ada 20 sentra di seluruh Indonesia. Unesa menjadi salah satu sentra latihan dan pendidikan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads