alexametrics

Menag Lukman Kutuk Serangan Teroris di Selandia Baru

16 Maret 2019, 11:19:18 WIB

JawaPos.com – Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin mengecam serangan penembakan di masjid yang terletak di Linkwood, Christchruch di Selandia Baru. Teror ini saat umat muslim melaksanakan ibadah salat Jumat (15/3) kemarin.

Dari penembakan itu dua warga negara Indonesia (WNI) menjadi sasaran tembak pelaku teror. Saat ini sedang dirawat di rumah sakit setempat. “Itu tindakan tidak berperikemanusiaan dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama,” ujar Lukman dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (16/3).

Menurut Lukman, tidak ada agama yang membenarkan tindak kekerasan, apapun motifnya. Penembakan jemaah di masjid di Selandia Baru adalah sikap pengecut dan tidak bertanggung jawab.

Meski demikian, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengajak tokoh dan umat beragama untuk menahan diri dan tidak emosional. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri terus bekerja untuk mengetahui perkembangan kondisi di Selandia Baru, termasuk memastikan kondisi keamanan warga negara Indonesia di sana.

“Mari tingkatkan kewaspadaan kita untuk terus menjaga keamanan dan kesucian rumah ibadah kita masing-masing,” katanya.

Ia juga mengingatkan para pengguna media sosial agar tidak terpancing dan turut menyebarluaskan video peristiwa itu. Alasannya, karena pelaku teror mengharapkan hal itu, tujuannya menebarkan ketakutan di masyarakat.

“Hal itulah yang diharapkan pelaku untuk menebar teror dan rasa takut,” pungkasnya.

Sebelumnya, terjadi penembakan massal di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru pada Jumat (15/3). Penembakan dilakukan saat hendak dilakukannya salat Jumat dan di unggah oleh para pelaku ke media sosial.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan kepada media, ada enam WNI yang berada dalam masjid ketika serangan terjadi. Dari teror itu ada dua WNI yang terkena tembakan dan kondisinya masih kritis.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Menag Lukman Kutuk Serangan Teroris di Selandia Baru