alexametrics

Mahfud MD Buka Suara soal Dugaan Dua Menteri Jokowi di Bisnis PCR

15 November 2021, 11:46:48 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir belakangan menjadi sorotan lantaran dugaan keterlibatannya dalam bisnis PCR.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Meko Polhukam) dua koleganya itu memang terlibat mendirikan PT Genomik Solidaritas Indonesia (SGI). Perusahaan itu didirikan untuk membantu tes Covid-19 saat awal pandemi.

“Semula Luhut Erick Thohir dan kawan-kawan membentuk sebuah yayasan untuk membantu masyarakat dalam pengadaan obat dan alat tes Covid-19. Yayasan tersebut mendirikan PT GSI yang, antara lain, melakukan pengadaan PCR yang distribusinya ada yang berbayar dan ada yang digratiskan,” ujar Mahfud dalam keterangannya, Senin (15/11).

Mahfud menegaskan dirinya bukan bermaksud membela Luhut dan Erick Thohir dalam polemik ini. Pasalnya PT GSI itu didirikan lantaran awal pandemi Covid-19, Indonesia diteror virus korona. Sehingga pemerintah ingin tahu penelusuran penyebaran Covid-19 di dalam negeri.

“Saya tak bermaksud membela Luhut dan Erick, saya hanya menjelaskan konteks kebutuhan ketika dulu kita diteror dan dihoror oleh Covid-19, dan ada kebutuhan gerakan masif untuk mencari alat test dan obat,” katanya.

Mahfud MD juga mendorong kepada masyarakat untuk meneliti dugaan keterkaitan Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir dalam dugaan bisnis tes PCR. Masyarakat juga punya hak mengkritisi hal tersebut.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: