alexametrics

Tingkat Kepercayaan Publik Turun, KPK: Masih di Atas 85 Persen

15 November 2019, 11:18:57 WIB

JawaPos.com – Menurunnya tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam hasil survei LSI Denny JA menjadi cambuk bagi lembaga antirasuah ini untuk memperbaiki kinerjanya. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, hasil survei terhadap KPK harus disikapi secara positif, itu menjadi faktor yang memicu perbaikan kinerja sebuah instansi termasuk KPK.

“Survei itu akan lebih baik disikapi secara positif, agar kalau memang turun dan bisa diidentifikasi penyebabnya maka dilakukan perbaikan dan kalau naik juga tidak boleh berpuas diri karena ada banyak perbaikan yang juga masih bisa dilakukan,” kata Febri di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (14/11) malam.

Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini enggan menduga-duga penyebab turunnya angka kepercayaan publik terhadap KPK. Dia belum mengetahui kaitan antara kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2019 dengan turunnya kepercayaan publik terhadap KPK.

“Perlu kita lihat lebih jauh karena momen yang dilihat oleh survei itu kan dalam politik ya. Di dalam momen politik ada kubu-kubuan begitu dan ada persepsi yang beredar sedemikian rupa. Apakah itu dikaitkan dengan kerja KPK itu juga perlu dilihat lebih lanjut,” ucap Febri.

Kendati demikian, Febri menegaskan keriuhan politik yang terjadi tidak mengganggu kinerja KPK. Menurutnya, KPK akan tetap menindak aktor-aktor politik yang melakukan korupsi selama mempunyai bukti-bukti yang kuat.

Oleh karenanya, KPK tidak berpuas diri meskipun tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga antirasuah berada di angka 85,7 persen. Sebab angka ini merupakan salah satu yang tertinggi dibanding instansi lainnya.

“Kami bersyukur juga tingkat kepercayaan KPK itu masih di atas 85 persen yang berada pada posisi nomor dua, proses evaluasi tentu harus dilakukan ya baik bagi KPK ataupun bagi semua institusi publik karena seluruh institusi negara ini kan sebenarnya bertanggung jawab pada publik,” jelas Febri.

Sebelumnya, LSI Denny JA merilis hasil survei menurunnya tingkat kepercayaan publil terhadap lembaga negara dan sosial sebagai efek kontestasi Pilpres 2019 dan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Hasil survei tersebut menunjukkan angka kepercayaan publik terhadap KPK turun. Pada Juli 2018, angka kepercayaan publik terhadap KPK berada di angka 89 persen dan turun menjadi 85,7 persen pada September 2019. Selain KPK, angka kepercayaan publik terhadap lembaga-lembaga lainnya seperti TNI, Polri, DPR, DPD, KPU, dan MK juga ikut turun.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads