alexametrics

Perbaiki Sistem Pertanian, DPR Dukung Sistem Big Data Mentan

15 November 2019, 14:15:24 WIB

JawaPos.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akan fokus pada pembenahan aspek pertanian pada masa jabatannya ke depan. Dia mengatakan akan menyusun aksi kerja program prioritas pembangunan pertanian untuk tahun 2020-2024 serta merampungkan satu data pertanian (big data).

Hal itu sudah disampaikannya saat rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI. Dengan sistem big data ini, akan lebih memudahkan menghitung kebutuhan para petani disetiap daerah. Meskipun, berada di lokasi yang jauh, sistem kontrol tetap bisa dilaksanakan dengan baik.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin merespon positif program yang diusung oleh Syahrul. Dia menilai sistem tersebut bisa membawa sektor pertanian lebih maju. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. “Persoalan pangan di Indonesia harus dipahami mendalam. Tidak dapat asal bekerja, kebutuhan pokok tersedia. Memerlukan program kerja jangka pendek dan panjang,” ujar Sudin kepada wartawan, Jumat (15/11).

Sudin mengatakan, ide yang dibangun Syahrul untuk perbaikan pertanian terdekat dan jangka panjang akan didukung DPR. Terutama yang menyangkut stok pangan berbasis data. “Segala kebijakan pak Syahrul untuk pangan nasional kan harus didorong supaya terwujud memberikan efek positif. Misalnya apa saja subsektor komoditas pertanian yang belum berhasil diangkat padahal berpotensi,” ucap Sudin.

Lebih lanjut, Sudin menyampaikan, sinergi antara Kementan dan Komisi IV DPR diharapkan dapat terus terjalin baik. Hal itu guna menuju tercapainya cita-cita pertanian Indonesia. Dan para petani semakin sejahtera.

Sebab sebagaimana diketahui, potensi pertanian Indonesia sangat besar. Sehingga apabila dikembangkan secara benar, maka akan memberikan keuntungan yang begitu besar kepada negara.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads