alexametrics

Pemkot Jogjakarta Akan Turunkan Tim Antisipasi Kerumunan di Malioboro

15 Oktober 2021, 17:15:15 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Jogjakarta berencana menurunkan Tim Gumaton untuk melakukan pengecekan acak kepada wisatawan terkait vaksinasi sekaligus mengantisipasi potensi kerumunan di kawasan Malioboro. Itu dilakukan terutama saat akhir pekan.

”Pada akhir pekan lalu, kawasan Malioboro dipadati wisatawan meski secara umum wisata di Jogjakarta belum sepenuhnya dibuka. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, kami akan turunkan kembali Tim Gumaton,” kata Wakil Wali Kota Jogjakarta Heroe Poerwadi seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta, Jumat (15/10).

Tim Gumaton adalah tim pengamanan di kawasan sumbu filosofi Jogjakarta, yaitu dari kawasan Tugu Jogjakarta, kawasan Malioboro, hingga kawasan Keraton Jogjakarta. Tim tersebut merupakan tim gabungan dari personel Satpol PP Kota Jogjakarta dibantu personel kepolisian dan TNI.

”Pengecekan acak kepada wisatawan ditujukan untuk memastikan wisatawan yang datang sudah menjalani vaksinasi. Dan jika ada kerumunan, akan ditertibkan,” terang Heroe.

Selain itu, aturan mengenai alur pejalan kaki di jalur pedestrian Jalan Malioboro juga akan kembali ditegakkan. Jalur pedestrian di sisi timur hanya untuk pejalan kaki dari utara ke selatan. Sedangkan di sisi barat untuk pejalan kaki dari selatan ke utara.

”Pada dasarnya, saat ini Malioboro baru dibuka untuk kegiatan perekonomian, tetapi memang banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini untuk berwisata meskipun bus-bus pariwisata belum diperbolehkan parkir di tempat khusus parkir di Jogjakarta,” papar Heroe.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads