alexametrics

Ramai Poster Protes ke Jokowi, Ini Intruksi Kapolri Kepada Jajarannya

15 September 2021, 22:44:11 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan intruksi kepada jajarannya menyikapi bermunculannya gelombang protes menggunakan poster Presiden Joko Widodo (Jokowi). Intruksi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor STR 862/IX/PAM.3/2021/tanggal 15 September 2021.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan arahan Bapak Kapolri berkaitan adanya beberapa kejadian saat kunjungan kerja Presiden RI di beberapa wilayah,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/9).

Argo menuturkan, dalam kunjungan Presiden ke beberapa wilayah kerap bermunculan warga yang menyampaikan aspirasi. Namun, beberapa di antaranya diamankan oleh aparat. “Ada beberapa kejadian seperti di Lampung saat Bapak Presiden melaksanakan peresmian waduk sekampung di Kabupaten Pringsewu pada 2 September 2021 terdapat sekelompok simpatisan eks ormas FPI atau alumni 212 Bandar Lampung yang akan memasang spanduk atau poster, itu yang pertama,” ucap Argo.

“Kedua, pada 7 September  melaksanakan kunjungan di Kota Blitar ada seseorang yang tiba-tiba berdiri membentangkan poster persis ke arah presiden yang sedang melintas dia adalah peternak ayam. Kemudian 13 September saat Presiden RI melakukan kunjungan kerja di Komplek UNS dan ada 10 mahasiswa yang bawa spanduk dan poster,” imbuhnya.

Berikut poin utama instruksi Kapolri kepada jajarannya terkait penyampaian aspirasi masyarakat:

Pertama, bahwa setiap pengamanan kunjungan kerja agar dilakukan secara humanis dan tidak terlalu reaktif.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads