alexametrics

Jangan Diskriminasi ke Orang yang Tidak Punya Smartphone

15 September 2021, 13:26:34 WIB

JawaPos.com – Aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi syarat masyarakat untuk bisa masuk ke tempat-tempat umum. Hal ini pun mendapat sorotan oleh DPR.

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani turut mengigatkan agar kebijakan tersebut tak membatasi mobilitas masyarakat yang tak memiliki smartphone. “Jangan karena kemudian dia tidak punya smartphone, dia kemudian menjadi kesulitan untuk melakukan mobilitas sebagai warga negara,” ujar Arsul kepada wartawan, Rabu (15/9).

“Kalau itu terjadi kita melanggar hak konstitusional warga negara karena menciptakan aturan di mana orang mobilitasnya menjadi tidak bebas sebagai warga negara,” sambungnya.

Oleh sebab itu, Arsul meminta adanya kebijakan baru bagi pemerintah terhadap orang-orang yang tidak memiliki smartphone. Misalnya saja bisa ke fasilitas umum dengan cara memfotokopi surat vaksin Covid-19.

“Yang paling rendah katakan kelurahan itu harus disediakan, di mana kemudian masyarakat bisa mengakses hak-haknya. Misalnya terkait dengan nge-print, mencetak sertifikat vaksinasi, dan sebagainya,” ungkapnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads