alexametrics

Antisipasi Covid-19 Varian Mu, Indonesia Hanya Buka Enam Pintu Masuk 

TNI Perketat Pos-Pos Daerah Perbatasan
15 September 2021, 11:15:17 WIB

JawaPos.com – Akses masuk internasional diperketat menyusul merebaknya virus Covid-19 varian Mu di sejumlah negara. Saat ini pemerintah hanya membuka enam pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang hendak menuju tanah air maupun ke luar negeri.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu norma yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Jawa Bali kepada Kepala Daerah.

Enam titik masuk itu terbagi dalam tiga moda jalur transportasi.

Untuk transportasi udara, hanya ada dua bandara yang dibuka, yakni Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandara Sam Ratulangi, Manado. Kemudian, untuk transportasi laut, dua pelabuhan yang diperkenankan membuka akses luar negeri adalah Pelabuhan Batam dan Pelabuhan Nunukan. Sedangkan untuk jalur darat, yang dibuka hanya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kapuas; dan PLBN Entikong, Sanggau.

”Pengaturan teknis terkait pelaksanaan dan pada masa transisi akan diatur lebih lanjut oleh Kementerian Perhubungan,” kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam instruksinya yang terbit kemarin (14/9).

Namun, hingga kemarin Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum membuat aturan teknis sebagai turunan terkait enam pintu masuk internasional tersebut. ”Saat ini satgas Covid-19 sedang melakukan finalisasi terhadap surat edaran (SE). Kami akan merujuk ke situ,” jelas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/syn/lyn/tau/mia/c9/fal

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads