alexametrics

3.830 Orang Positif Covid-19 Keluyuran, Satgas Harus Lakukan Karantina

15 September 2021, 14:27:08 WIB

JawaPos.com – Kementerian kesehatan (Kemenkes) melaporkan sebanyak 3.830 orang yang positif Covid-19 terdeteksi berkeliaran di tempat umum termasuk mal, bandara, stasiun, hingga restoran. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR Puan Maharani meminta Satgas Penanganan Covid-19 menerjunkan tim reaksi cepat jika mengetahui adanya orang berstatus hitam yang berkeliaran di tempat umum. Puan menilai, aplikasi PeduliLindungi bisa menjadi dasar pelacakan (tracing).

“Pasien-pasien Covid-19 yang berada di tempat umum agar segera dikarantina untuk menghindari penularan, dan dirawat sebaik mungkin hingga mereka sembuh,” ujar Puan kepada wartawan, Rabu (15/9).

Politikus PDIP ini juga meminta seluruh pihak tetap waspada dan tidak lengah walapun laju penularan Covid-19 terus menurun. Kewaspadaan justru perlu ditingkatkan mengingat mulai terjadi pengabaian prosedur, seperti tiga ribuan lebih orang yang kedapatan berkeliaran meski terpapar Covid-19.

“Hal ini menandakan perlunya pengetatan pengawasan. Walaupun PPKM terus mengalami tren penurunan status, jangan lengah, jangan kendor, agar tidak lagi terjadi lonjakan kasus lagi,” katanya.

Puan menuturkan, melandainya kasus Covid-19 di tanah air harus dijadikan momentum untuk berbenah, siapkan infrastruktur kesehatan, terutama infrastruktur khusus untuk menangani kasus-kasus Covid-19.

Dengan infrastruktur kesehatan yang memadai, diharapkan tidak ada lagi gelombang Covid-19 berikutnya. Puan mengatakan, sarana dan prasarana bagi masyarakat terkait Covid-19 juga harus dimaksimalkan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads