alexametrics
Polemik TWK

Firli Bahuri Cs Tetap Tak Hadiri Panggilan, Hanya Diwakili Pegawai KPK

15 Juni 2021, 12:09:57 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada Senin (14/6) kemarin,  terkait pengaduan dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kedatangan KPK ke Komnas HAM hari ini, merupakan panggilan kedua, dari sebelumnya pada Selasa (8/6) lalu tak memenuhi panggilan Komnas HAM.

Meski memenuhi panggilan, sayangnya Ketua KPK Firli Bahuri maupun empat Wakil Ketua KPK itu tetap enggan menghadiri panggilan. Mereka mengutus Kepala Biro Hukum dan Plt Kepala Bagian Litigasi KPK.

“Kedatangan tersebut diterima oleh Choirul Anam selaku Komisioner, Kepala Biro Hukum Penyelidikan dan Pemantauan, serta Fungsional Penyelidik Komnas HAM,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (15/6).

Ali menyampaikan, Komnas HAM telah memberi penjelasan informasi yang diperlukan terkait aspek HAM yang akan dikonfirmasi, dalam proses TWK. Dia menyebut, penjelasan inilah yang sebelumnya tidak tertuang dalam surat balasan Komnas HAM kepada KPK.

“KPK selanjutnya akan membahas dan menyiapkan Informasi yang diperlukan komnas HAM dimaksud,” ucap Ali.

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menuturkan, koordinasi dan komunikasi yang baik ini, sebagai bentuk komitmen KPK menghormati tupoksi Komnas HAM.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads