alexametrics

Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 Angkat Isu Transformasi Digital

15 April 2022, 12:09:29 WIB

JawaPos.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapatkan kehormatan untuk menggelar salah satu rangkaian kegiatan penting dalam Presidensi G20 Indonesia melalui kegiatan Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022. Sebagai bagian resmi dari Presidensi G20, forum Y20 berfokus pada kontribusi pemuda pada masa depan dunia.

Secara spesifik, isu transformasi digital akan menjadi tema besar Pra-KTT Y20 di Lombok, NTB.

“Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk mendukung kegiatan Y20 ini untuk dilaksanakan di NTB. Dengan mengusung tema besar transformasi digital, kami ingin menunjukan bahwa NTB menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang siap untuk mendukung agenda transformasi digital,” kata Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Ariadi dalam keterangannya, Jumat (15/4).

Sejalan dengan agenda G20, isu transformasi digital akan berfokus pada bagaimana peran pemuda dalam menjadi pendorong perkembangan teknologi digital dunia. Pandemi Covid-19 turut berpartisipasi dalam mempercepat transformasi digital pada sektor publik maupun swasta.

Hal ini menciptakan peluang yang besar bagi perkembangan pada lintas sektor. Namun, percepatan transformasi ini juga dapat menimbulkan risiko dan tantangan yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

“Menyadari peluang dan tantangan dalam pertumbuhan dunia digital, Y20 Indonesia 2022 mengangkat dua sub tema pada isu prioritas transformasi digital, yaitu peranan pemuda dalam tata kelola digital dan bagaimana membangun kesadaran keuangan digital,” kata Ketua Pelaksana Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar.

Michael menjelaskan, subtema tata kelola digital menyoroti partisipasi pemuda dalam menyiasati solusi digital terhadap tantangan seperti meningkatnya kesenjangan digital dan permasalahan akses konektivitas, kurangnya literasi dan keterampilan digital, dan permasalahan keamanan dan privasi.

Sedangkan subtema kesadaran keuangan digital menopang faktor risiko penawaran dan permintaan, kurangnya literasi keuangan, dan munculnya mata uang digital dan cryptocurrency sebagai tantangan, serta keterkaitan dengan pembangunan, inklusi keuangan dan partisipasi perempuan serta kelompok rentan lainnya.

Terlebih, pelaksanaan Pra-KTT kali ini akan turut dihadiri oleh delegasi dan perwakilan kedutaan besar dari mancanegara. Diantaranya delegasi dari Jepang, United Arab Emirates (UAE), Singapore, ASEAN, serta perwakilan dari World Trade Organization.

“Kemudian perwakilan kedutaan besar dari Polandia, United States, dan Argentina,” papar Michael.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan Mohamad Farid Zaini menyatakan, selain 23 delegasi resmi yang hadir fisik di NTB dan 80 lainnya yang bergabung secara daring, kegiatan Pra-KTT Y20 akan dihadiri oleh 100 aktivis pemuda di NTB dan daerah sekitar untuk memberikan masukan kebijakan mengenai isu transformasi digital.

Dia mengungkapkan, forum Y20 akan membangun konsensus atas dasar kebersamaan, dan menawarkan rekomendasi kebijakan dalam bentuk communique atau rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin G20, untuk kepentingan semua, terutama mereka yang belum menikmati manfaat transformasi digital.

“Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai tuan rumah untuk Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022. Harapannya, Provinsi NTB dapat menjadi perwakilan pemuda pada Indonesia bagian Tengah. Y20 Indonesia berupaya untuk menjangkau pemuda secara merata di seluruh bagian Indonesia agar seluruh pemuda di Indonesia dapat merasakan momentum G20,” pungkasnya.

Y20 Indonesia 2022 melaksanakan event Pra-KTT pada empat kota di Indonesia yaitu Palembang pada bulan Maret, Lombok pada bulan April, Balikpapan pada bulan Mei, dan Manokwari pada bulan Juni. Puncak acara kegiatan ini adalah pelaksanaan KTT Y20 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di kota Jakarta dan Bandung.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: