JawaPos Radar | Iklan Jitu

Penjelasan Jawa Pos Terkait Berita dan Status Keredaksian Indopos

15 Februari 2019, 17:23:11 WIB
Penjelasan Jawa Pos Terkait Berita dan Status Keredaksian Indopos
(Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com – Koran Indopos mengeluarkan laporan berjudul Ahok Gantikan Ma’ruf Amin pada Rabu, 13 Februari 2019. Laporan itu lantas menjadi pembicaraan masyarakat karena dianggap tidak sesuai prinsip jurnalistik. Alasannya, berasal dari rumor atau kabar yang tidak berdasar lantaran bersumber dari media sosial.

Bahkan, ada yang mengaitkan kebijakan redaksi Indopos tersebut dengan Jawa Pos. Direksi Jawa Pos Holding Hidayat Jati menegaskan bahwa Indopos bukan bagian dari Jawa Pos. Katanya, Jawa Pos memiliki saham 16 persen di Indopos karena ada urusan percetakan.

"Saham hanya 16 persen melalui nama percetakan Temprina karena ditukar utang cetak," ujarnya, Jumat (15/2).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Jawa Pos tidak memiliki keterkaitan dengan Indopos. Baik dari sisi keredaksian maupun dengan manajemen umum. Sebab, keberadaan Jawa Pos di Indopos hanya berasal dari saham yang muncul karena utang cetak terhadap Temprina.

"Secara struktur tidak ada kaitan. Benar-benar terpisah meski ada beberapa mantan staf Jawa Pos di sana," jelas Jati.

Dia mengatakan bahwa Jawa Pos memegang teguh kredibilitas dan prinsip-prinsip jurnalistik termasuk kode etik. Oleh sebab itu, Jawa Pos tidak akan menghalangi upaya-upaya pencarian fakta yang dilakukan terhadap artikel Indopos.

Editor           : Dhimas Ginanjar
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini