alexametrics

UNESCO Apresiasi dan Dorong Upaya Pelestarian Noken Papua

14 Desember 2021, 10:34:09 WIB

JawaPos.com – United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengapresiasi Indonesia, khususnya Papua atas laporan periodik kedua tentang Noken, yang telah tercatat dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak 2012.

Noken sendiri merupakan kerajinan tangan berupa tas yang biasanya digunakan untuk membawa hasil pertanian dan dagangan ke pasar. Indonesia dinilai telah melestarikan Noken dengan mengembangkan database tentang Noken.

Mulai dari membudidayakan Arboretum (ruang terbuka hijau untuk penelitian dan pendidikan), mengembangkan keterampilan pengrajin dan pemangku kepentingan lainnya, mempromosikan Noken di tingkat nasional dan internasional serta meningkatkan nilai ekonominya.

“Apresiasi kami berikan atas berbagai upaya Indonesia untuk mengamankan lestarinya Noken,” ujar Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Ismunandar dalam sidang Komite Antar Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak Benda ke-16 secara daring, Selasa (14/12).

UNESCO juga mendorong Indonesia untuk melanjutkan upaya pemutakhiran bahan pelajaran Noken agar mudah diakses oleh siswa, membina kemampuan kewirausahaan terkait Noken dan memastikan ketersediaan bahan baku yang berkelanjutan.

“Selain itu didorong pula untuk dilakukan penelitian tentang nilai-nilai Noken dan menyebarluaskan temuan-temuannya demi untuk meningkatkan pengetahuan tentang simbolisme dan penggunaan Noken secara adat serta tentang bahan-bahan alami yang digunakan,” imbuh Ismunandar.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads