alexametrics

Pemkab Lumajang Surati KLHK soal Lahan Relokasi Pengungsi Semeru

14 Desember 2021, 14:06:25 WIB

Satu Keluarga Diusulkan Tempati 100 Meter Persegi

JawaPos.com – Rencana merelokasi warga yang tinggal di sekitar Gunung Semeru terus dipersiapkan. Setelah ada tiga lokasi alternatif yang merupakan milik Perhutani, pemerintah kabupaten mulai merancang usulan hunian bagi warga.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menuturkan, fokus saat ini adalah perencanaan dan rehabilitasi pascabencana.

”Tadi Pak Wagub (Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Red) mengatakan, kami ditunggu Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk suratnya (agar) segera memutuskan lahan yang diminta,” kata Thoriq saat mendampingi Emil meninjau posko pengungsi erupsi Gunung Semeru di SMPN 1 Candipuro kemarin (13/12).

”Dan, usulan kami yang pertama adalah untuk Desa Sumberwuluh ada di Desa Sumbermujur,” imbuhnya dilansir dari Jawa Pos Radar Semeru.

Lahan Perhutani di Sumbermujur seluas 74 hektare. Namun, kata Thoriq, kebutuhan untuk lokasi relokasi hanya 10 hektare. Artinya, persentase lahan yang dibutuhkan dengan yang dimiliki Perhutani sangat jauh. ”Kami berharap, proses itu segera tuntas,” katanya.

Kemudian, untuk di Pronojiwo masih menunggu pembicaraan. ”Bermusyawarah dengan masyarakat antara lahan di Oro-Oro Ombo dan Piket Nol. Kalau sudah ada keputusan, kami pastikan persiapan lahannya bisa segera dimulai,’’ katanya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ika/kin/lin/kl/son/c6/fal

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads