alexametrics

Pembetonan Jalan Osowilangun Rampung, Bikin Tahan Lama dan Lebih Kuat

14 Desember 2019, 13:31:07 WIB

JawaPos.com – Pembetonan di sekitar Jalan Osowilangun tuntas dikerjakan. Proyek itu berlangsung di salah satu sisi jalan arah Surabaya–Gresik yang berdekatan dengan Jembatan Branjangan.

Proyek tersebut masih satu paket dengan pengerjaan pembetonan yang sempat dilakukan. Nah, proyek itu diteruskan hingga mengarah ke timur setelah pengerjaan sisi barat rampung.

Pengerjaan pun berlanjut di sisi selatan atau jalur Surabaya menuju Gresik. Merlan Efendi, pejabat pembuat komitmen ruas Surabaya–Gresik BBPJN VIII, membenarkan bahwa proyek itu adalah lanjutan pembetonan sebelumnya. ’’Ya, masih satu paket,” katanya.

Pengerjaan tersebut berlangsung di jalur selatan tepi jalan. Sementara itu, jalur di sampingnya tuntas dibeton. Sejumlah alat berat disiagakan di lokasi untuk membereskan material pengerjaan.

Panjang pengerjaan jalan beton sisi selatan itu 200–250 meter. Dari arah Jembatan Branjangan menuju ke Terminal Osowilangun. Selama pengerjaan berlangsung, jalur sisi selatan harus ditutup sementara.

Merlan mengakui, selama ini, jalur di kawasan tersebut tidak rata dan bergelombang. Selain disebabkan tanah bergerak, hal itu dipicu bobot kendaraan yang melintas dan over dimension overload (ODOL). ’’Kalau sudah dibeton, lebih tahan lama. Lebih kuat,’’ ucapnya.

Kini, pengendara dari arah Surabaya–Gresik maupun sebaliknya tidak perlu waswas. Setelah dibeton, kondisi jalan lebih rata dan nyaman dilewati

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : dan/c18/tia


Close Ads