alexametrics

Curah Hujan Meningkat, BNPB Imbau Masyarakat Waspadai Bencana Longsor

14 Desember 2018, 14:02:53 WIB

JawaPos.com– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan curah hujan akan terus mengalami peningkatan hingga Februari 2019 mendatang. Akibatnya, akan rentan terjadi banjir dan longsor di sejumlah daerah yang ada di Indonesia.

“Diperkirakan bencana longsor akan terus meningkat seiring meningkatkan curah hujan. Puncak hujan periode ini sebagian besar wilayah Indonesia terjadi pada Januari-Februari 2019 mendatang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo dalam keterangannya, Jumat (14/12).

Sutopo menjelaskan, pada musim penghujan tanah pada lereng gunung atau perbukitan rentan terjadi longsor. Tercatat sudah terjadi 430 kejadian bencana longsor di Indonesia sejak Januari hingga Desember 2018. Bahkan berdampak pada 129 orang meninggal dan hilang, 115 orang luka-luka, serta 37.933 orang mengungsi dan 1.948 rumah rusak.

“Mitigasi bencana longsor, baik struktural dan non struktural masih perlu ditingkatkan. Sistem peringatan dini longsor masih sangat terbatas jumlahnya. Hanya sekitar 300-400 unit yang ada di daerah rawan longsor, sementara kebutuhannya lebih dari ratusan ribu unit,” ucap Sutopo.

Oleh karenanya, Sutopo mengimbau masyarakat untuk selalu waspada pada musim penghujan saat ini. Terlebih warga yang tinggal di lereng gunung dan perbukitan untuk dapat berhati-hati.

“Jadi kalau sudah ada tanda-tanda retakan tanah, muncul mata air baru sebaiknya menjauh dari tempat tersebut,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (rdw/JPC)



Close Ads
Curah Hujan Meningkat, BNPB Imbau Masyarakat Waspadai Bencana Longsor