alexametrics

Vaksinasi Dosis Pertama di Bali Hampir 100 Persen

14 Oktober 2021, 13:02:17 WIB

JawaPos.com – Program vaksinasi di Bali terus dikebut. Berdasar data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga kemarin (13/10) pukul 17.45, sebanyak 3.375.225 warga Bali sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Angka tersebut setara dengan 99,12 persen. Vaksinasi dosis kedua mencapai 83,36 persen. Dengan tingginya jumlah vaksinasi, Pulau Bali diharapkan siap menerima kedatangan wisatawan mancanegara (wisman).

Juru Bicara Kemenkes Terkait Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi memberikan apresiasi kepada Provinsi Bali dalam capaian vaksinasi. Dia menyatakan bahwa Bali termasuk dua provinsi tertinggi dalam vaksinasi Covid-19. ”Sudah hampir 100 persen (suntikan pertama),” katanya kemarin (13/10).

Dia menyatakan bahwa kehidupan harus kembali bergerak. Karena itu, pemerintah memutuskan untuk membuka kembali Bali dan beberapa wilayah lain. Pemerintah juga terus melakukan evaluasi skenario pasca liburan dan acara keagamaan. Hal tersebut bertujuan mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19.

Secara nasional, penurunan kasus sudah mencapai 23 persen. Jumlah kematian karena Covid-19 juga turun 32 persen. Sementara itu, positivity rate telah menyentuh angka 1,4 persen dengan testing 4,4 per seribu penduduk. ”Pemerintah tidak pernah capek mengingatkan prokes,” ungkapnya.

Pada kesempatan lain, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan bahwa situasi pandemi di provinsi tersebut kian baik. ”Kasus hariannya sekarang sudah konsisten di angka dua digit, di bawah 100,” ungkapnya. Sudah tiga minggu kasus harian hanya menyentuh angka puluhan. Sementara itu, tingkat kesembuhan secara akumulatif mencapai 96 persen.

Wayan menambahkan, pelaksanaan testing, tracing, dan treatment (3T) juga sesuai dengan target yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Terkait penerapan protokol kesehatan, Wayan menyampaikan bahwa sosialisasi prokes telah dilakukan hingga ke kampung-kampung. ”Menurut hasil survei Kementerian Kesehatan, soal tertib melaksanakan prokes untuk pemakaian masker, Provinsi Bali itu tertinggi di Indonesia,” ungkapnya. Dia menjamin, sulit menemukan orang yang tidak memakai masker di kampung-kampung di Bali.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/feb/pit/c6/c9/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads