alexametrics

Eks Pegawai KPK Beberkan Rencana Bentuk Parpol Bersih dari Korupsi

14 Oktober 2021, 10:27:04 WIB

JawaPos.com – Mantan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro Hukum KPK, Rasamala Aritonang menjelaskan terkait keinginannya yang berencana membuat partai politik. Dia mengungkapkan, partai politik bisa membuat efek yang besar bagi bangsa dan negara, dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia.

“Kepikiran sih kalau mau bikin perubahan yang punya impact besar kan partai politik adalah salah satu kendaraan strategis dalam sistem demokrasi,” kata Rasamala dikonfirmasi, Kamis (14/10).

Rasamala tak memungkiri, publik banyak mengkritik terkait permasalahan partai politik yang kerap kali melakukan praktik rasuah. Karena itu, ada peluang besar untuk membangun parpol yang bersih, berintegritas dan akuntabel.

Karena itu, Rasamala ingin berdiskusi terlebih dahulu untuk membicarakan terkait rencana pembentukan parpol tersebut. Dia menyadari, mendirikan parpol tidak mudah, membutuhkan anggaran juga SDM yang memadai.

“Memang tantangannya tidak mudah, karena syarat pendirian parpol kan memang rumit, tapi layak dicoba, kalau bisa terwujud (Partai Serikat Pembebasan) saya yakin kita bisa memberikan dorongan lebih kuat lagi untuk perubahan, dan kemajuan bagi indonesia, tentu syaratnya Indonesia mesti bersih dari korupsi,” tegas Rasamala.

Meski demikian, hingga kini belum ada tawaran dari sejumlah parpol untuk mengajak bergabung. Karena itu, dia berencana mendirikan parpol yang bersih dari korupsi dan berintegritas.

“Sementara ini gagasannya adalah membangun partai yamg bersih, berintegritas dan akuntabel, belum terpikir soal tawaran dari partai, tapi dalam konteks membangun aliansi untuk memajukan negara kan segala kemungkinan bisa saja dijajaki,” pungkas Rasamala.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan




Close Ads