alexametrics

Sukseskan Vaksinasi Covid-19, Warga Diminta Tertib Mendaftar

14 September 2021, 18:19:01 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya membangun herd immunity atau kekebalan komunal melalui program vaksinasi. Namun, warga diingatkan agar tetap tertib dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama mendaftar untuk vaksinasi.

“Saya menyarankan warga yang hendak mengikuti vaksinasi (dapat) mendaftarkan diri terlebih dulu melalui aplikasi JAKI atau melalui formulir pendaftaran online yang disediakan oleh penyelenggara vaksinasi, agar dapat dipastikan mendapatkan jatah vaksin dosis kedua dengan mudah dan lancar,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Kegiatan vaksinasi dosis kedua ini sangat penting dalam rangka memperkuat imunitas tubuh. Pemprov DKI Jakarta bersama para kolaborator berkomitmen menyediakan sentra-sentra vaksin Covid-19 yang tidak hanya terfokus pada penyuntikan dosis pertama.

“Kendala yang terjadi saat ini, (antara lain) warga umumnya tidak melakukan pendaftaran lebih dulu untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua. Jadi, warga datang ke sentra vaksin tanpa mendaftar, karena dia merasa sudah mendaftar pada waktu dosis pertama. Warga datang ke lokasi vaksin dosis pertama sesuai dengan jadwal penyuntikan dosis kedua. Tapi, tetap perlu mendaftar terlebih dahulu,” imbuhnya.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian bersama, kendala lainnya yakni karena kolaborator atau mitra swasta yang sebelumnya ikut menyelenggarakan sentra vaksin dosis pertama tidak lagi membuka sentra vaksin dosis kedua.

“Ini kemudian membuat warga yang sebelumnya mengikuti vaksin di sentra vaksinasi tersebut untuk dosis pertama, menyerbu sentra vaksinasi lain tanpa melakukan pendaftaran lebih dahulu. Inilah pentingnya mendaftar dengan tertib, bukan hanya saat hendak vaksin dosis pertama, tetapi juga dosis kedua,” jelas Ariza.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads