alexametrics

Bertambah, Mahasiswa Papua yang Pulang Kampung Jadi 1.200 Orang

14 September 2019, 08:58:02 WIB

JawaPos.com – Jumlah mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang pulang kampung akibat adanya kerusuhan beberapa waktu lalu bertambah. Jika sebelumnya hanya 800 orang, jumlah saat ini sudah 1.200 orang.

“Ada tambahan lagi 400 itu. Jadi kan 1.200, tapi tersebar dengan Papua Barat dan Papua sini,” ujar Kapendam Cendrawasih, Letkol CPL, Eko Daryanto saat dihubungi, Jumat (13/9).

Jumlah tersebut tersebar di sejumlah wilayah. Seperti di Paniai, Timika, Mimika dan Biak. Dari total itu, belum ada mahasiswa yang dipulangkan kembali ke daerah tempat sekolahnya berasal.

Situasi tersebut lantaran pesawat Hercules C-130 memiliki kapasitas 100 penumpang. TNI masih berupaya mengumpulkan mahasiswa agar kuota tersebut terpenuhi. Baru kemudian bisa diterbangkan. Pengirimam kembali mahasiswa, akan dilakukan secara bertahap.

“Sudah kita sosialisasi, kirim pengumuman kepada rekan-rekan di lapangan untuk menyosialisasikan bahwa udah kita siap untuk mengantar, menyiapkan Hercules, dijamin aman gratis,” imbuh Eko.

Eko menjelaskan, beberapa kepala daerah memang sudah membantu untuk sosialiasi kepada warga supaya mau kembali ke tempat belajarnya. Dia berharap jumlah mahasiswa yang pulang kampung tidak kembali bertambah.

“Mudah-mudah jangan (bertambah), sudah ada pernyataan juga kan, sudah ada himbauan dari Pak Gubernur nggak usah, ada 4 bupati juga secara pernyataan tertulis,” tegas Eko.

Pengiriman kembali mahasiswa Papua akan difokuskan di 2 lokasi penerbangan. Yakni di Jayapaura dan Biak. Nantinya, para mahasiswa akan diarahkan ke lokasi terdekat. Sejauh ini TNI belum masih melakukan pendataan di lapangan. Sehingga belum diketahui betul total mahasiswa yang sudah terdaftar untuk kepulangannya kembali.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads