alexametrics

Akselerasi Calon Perawat-Dokter untuk Skenario Darurat

14 Juli 2021, 11:28:19 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memiliki skenario penanganan Covid-19 jika kondisinya memburuk. Salah satunya, penambahan kapasitas tempat tidur perawatan pasien. Konsekuensinya, tenaga kesehatan juga harus ditambah.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, varian Delta menjadi biang ledakan kasus Covid-19 di Indonesia. Ada beberapa provinsi di luar Jawa-Bali yang lonjakan kasusnya sudah terlihat. ”Kami sudah membuat skenario ke depan,” katanya kemarin (13/7).

Pihaknya berdiskusi dengan seluruh gubernur secara rutin. Jika dalam dua minggu ke depan laju kasus terus meningkat, Jakarta dan DI Jogjakarta kewalahan. ”Akan terjadi kekurangan tempat tidur,” ungkapnya.

Jika terjadi peningkatan kasus di sebuah daerah, fasilitas tempat tidur khusus pasien Covid-19 harus ditambah. Langkah selanjutnya adalah mengonversi rumah sakit untuk seluruhnya melayani Covid-19. Misalnya, di Jakarta tiga rumah sakit telah dikonversi. Jika kasus masih terus naik, akan ditambah dengan rumah sakit darurat. ”Penambahan rumah sakit ini juga memerlukan alat dan yang paling penting adalah oksigen,” tuturnya.

Terkait dengan tenaga kesehatan, Budi mengakui bahwa banyak yang terinfeksi Covid-19. Belum lagi, ada yang meninggal. Akibatnya, jumlah tenaga kesehatan yang ada tentu berkurang. ”Rencananya, minggu ini kami melakukan vaksinasi booster untuk nakes,” ujarnya.

Vaksinasi dosis ketiga itu akan diberikan dalam waktu cepat. Yang digunakan adalah vaksin dari Moderna. Budi sudah membicarakannya dengan organisasi profesi. ”Ini dilakukan untuk memproteksi mereka,” jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/wan/aph/c14/c9/fal/oni


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads