alexametrics

Biaya Haji 2022 Telah Ditetapkan, Segera Rilis Nama-nama Calon Haji

14 April 2022, 22:52:50 WIB

JawaPos.com – Pemerintah telah menetapkan besaran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 2022. Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) menilai saat ini pekerjaan pemerintah yang harus segera diselesaikan yakni terkait administrasi.

“Tinggal masalah administrasi dan teknis pembatasan umur 65 tahun karena ini menjadi persoalan cukup berat untuk Indonesia,” kata Ketua Umum Sapuhi, Syam Resfiadi saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (14/4).

Syam menilai, persoalan administrasi menjadi sulit karena jamaah haji Indonesia banyak berstatus lansia. Mereka awalnya diprioritaskan untuk diberangkatkan, namun batal karena pandemi datang.

“Semoga dalam waktu dekat pemerintah Arab Saudi sudah menberikan jatah ke Indonesia dan negara muslim lainnya pengirim haji jumlahnya agar bisa segera disortir berapa untuk haji reguler dan berapa yang untuk haji khusus,” kata Syam.

“Sehingga kita bisa melakukan sinkronisasi antara nama-nama yang keluar dari Kemenag sesuai dengan nomor urut porsi dan nama-nama yang kita dapatkan mana yang memang masih bersedia ikut tahun ini dan mana yang menang tidak bersedia karena masalah umur, kesehatan dan lain-lain,” jelasnya.

Sebelumnya, Kemenag RI telah menetapkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) senilai Rp 81,7 juta. Sedangkan yang dibayarkan oleh jamaah yakni Rp 39,8 juta. Angka tersebut naik dibanding tahun 2020 sebesar Rp 35 juta.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: